Mau Membuat Papan Nama Dokter untuk Branding? Perhatikan 5 Langkah Ini

Papan Nama Dokter

Membuat papan nama toko atau tempat usaha tidak boleh sembarangan. Karena ini menyangkut kelancaran jalannya bisnis yang Anda jalankan. Termasuk dalam hal mendesain papan nama dokter.

Desain nama sekilas memang terlihat sederhana. Namun nyatanya hal tersebut sangat ampuh sebagai langkah branding secara offline. Dengan papan nama yang terlihat menarik dan meyakinkan, bisnis akan lebih cepat berkembang.

Langkah Mendesain Papan Nama Dokter

Untuk mendapatkan desain papan nama dokter terbaik dan paling tepat, ikuti beberapa langkah berikut ini.

Perhatikan Ukuran Papan Nama

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah terkait ukuran papan nama. Terutama jika papan nama tersebut berada di ruang publik atau ruang advertising.

Semakin besar papan nama yang Anda buat, maka semakin besar pula biaya advertising yang akan Anda keluarkan.

Tapi biasanya papan nama untuk dokter hanya ada di depan tempat praktik saja. Meskipun tidak berada pada tempat advertising berbayar, tetap perhatikan ukuran. Sesuaikan dengan luasnya tempat praktik yang digunakan.

Letak Papan Nama

Selain memperhatikan ukuran papan nama, perhatikan pula letak dan lokasi papan nama. Apakah hanya menghadap pada satu sisi saja. Atau menghadap ke beberapa sisi lainnya.

Ini penting terkait sudut pandang dari mana papan nama itu bisa dilihat. Jika letak tempat praktik berada di persimpangan jalan, buatlah papan nama yang bisa dilihat dari banyak sisi.

Dengan cara ini lokasi bisnis akan lebih mudah terlihat dari segala arah. Memungkinkan lebih banyak lagi orang tahu adanya tempat praktik dokter yang Anda dirikan.

Desain yang Sederhana

Semakin cepat orang memahami pesan yang disampaikan pada papan nama, maka semakin cepat pula informasi akan lebih mudah disampaikan. Dan semakin tinggi pula brand awareness yang Anda miliki.

Begitu pula dalam hal papan nama untuk dokter. Mungkin memang membutuhkan desain yang sedikit lebih rumit. Karena harus mencantumkan beberapa informasi tentang layanan, jam buka dan tutup ataupun informasi pendukung lainnya.

Oleh karena itulah, coba mendesain papan nama sesederhana mungkin. Agar orang lain bisa membaca hanya sekilas lalu saja. Semakin sederhana layout, semakin mudah untuk memahaminya.

Perhatikan Warna Background, Font, dan Kekontrasannya

Background sangat menentukan apakah papan nama mudah dibaca atau tidak. Sebaiknya gunakan background yang simpel. Tidak terlalu banyak motif. Ini dimaksudkan untuk memberikan titik fokus baca lebih baik lagi.

Dengan background yang sederhana tanpa banyak motif, tulisan, logo, ataupun informasi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami hanya sekilas lalu saja.

Begitu juga dengan teks huruf dan warnanya. Usahakan membuat teks huruf dengan font yang mudah dibaca, tapi tidak terlalu formal. Untuk memberikan kesan eye catching.

Pastikan warna huruf kontras dengan warna background. Tujuannya sama saja, yaitu memberikan titik fokus baca. Agar orang lain tidak sulit memahami informasi yang dituliskan. Sehingga informasi lebih mudah disampaikan.

Gunakan Pencahayaan yang Optimal

Terutama pada malam hari. Pencahayaan yang optimal akan membuat papan nama untuk dokter terlihat lebih terang. Mudah dibaca dan mudah dikenali.

Bahan yang sering digunakan adalah akrilik. Selain mampu memberikan penerangan yang optimal, neon box  akrilik juga mampu memberikan efek estetika yang lebih baik.

Itulah 5 langkah membuat papan nama dokter yang tidak hanya sebatas informatif saja. Tapi juga bernilai estetika tinggi. Jadinya bisnis Anda menjadi lebih mudah dikenal.