Perbedaan Neon Box Akrilik dan Backlite yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang lebih banyak menggunakan promosi offline dibandingkan dengan promosi online, perlu mengetahui apa perbedaan neon box akrilik dan backlite. Karena neon box merupakan cara promosi yang cukup ampuh untuk sekarang ini.

Neon box tidak hanya memberi kesan profesional dan mewah saja. Tapi juga sebagai sarana branding dan penyampaian kampanye iklan bagi bisnis Anda. Sehingga keberadaannya sangat layak untuk diperhitungkan.

Neon Box Akrilik

Neon box berbahan akrilik adalah bahan yang paling banyak digunakan. Selain berbahan ringan, bahan akrilik juga bisa membuat pencahayaan lebih merata.

Nilai Estetika

Dari segi estetika, bahan akrilik juga terlihat indah. Mirip seperti bahan kaca tapi tidak mudah pecah. Sehingga lebih banyak digunakan sebagai pengganti material kaca pada papan nama toko. Baik outdoor maupun indoor.

Ketebalan bahan akrilik antara 2 hingga 3 mm. Sedangkan untuk bahan tulisan logo biasanya menggunakan airbrush atau sticker cutting.

Lebih disarankan untuk menggunakan stiker yang terbuat dari vinyl. Karena keawetannya tahan hingga 7 tahun. Sayangnya jenis stiker seperti ini tidak bisa digunakan untuk desain yang rumit. Hanya desain logo sederhana saja.

Berbeda jika menggunakan stiker printing. Meski tidak seawet menggunakan stiker vinyl, tapi bisa membuat desain dengan kerumitan yang tinggi.

Bahan yang Digunakan

Perbedaan neon box akrilik dan backlite yang paling terlihat terdapat pada bahan yang digunakan. Bahan akrilik terbuat dari campuran bahan kaca dan plastik. Sifatnya mengikuti dua bahan dasarnya tersebut.

Akrilik memiliki sifat elastisitas seperti plastik. Dan transparan seperti kaca namun tetap tidak bisa tembus cahaya. Layaknya bahan plastik, bahan akrilik terasa lebih ringan namun tidak mudah pecah.

Ketahanan

Dari segi ketahanan, bahan akrilik bisa tahan lebih lama dibandingkan dengan bahan kaca. Kemampuan menahan cahayanya juga baik. Tidak mudah pecah dan mampu membuat cahaya menyebar dengan sempurna.

Tidak hanya sebatas awet dan kuat saja. Bahan akrilik akan membuat papan nama neon box terlihat lebih mewah dan berkelas. Cocok digunakan bagi Anda yang menyasar target market pada ekonomi menengah ke atas.

Neon Box Backlite

Neon box backlite terdiri dari dua jenis, yaitu backlite film dan backlite front line. Berikut beberapa karakter neon box backlite yang bisa menjadi bahan pembeda dengan bahan akrilik.

Nilai Estetikanya Terbilang Rendah

Dibandingkan dengan bahan akrilik, nilai estetika bahan backlite memang lebih rendah. Tapi kabar baiknya, Anda bisa memesan neon box backlite sesuai dengan kebutuhan. Bahkan untuk ukuran yang cukup lebar.

Ini tidak seperti akrilik. Yang hanya bisa dibuat dengan lebar paling maksimal berukuran 240 x 150 cm saja. Cocok bagi Anda yang ingin membuat papan nama dengan ukuran yang sangat besar.

Penggunaan

Kalau akrilik digunakan untuk papan nama di depan toko atau kantor dengan ukuran yang lebih kecil, berbeda dengan bahan backlite. Bahan ini biasanya digunakan untuk iklan billboard yang lebih lebar.

Iklan billboard ini tidak dipasang di depan toko atau kantor. Tapi mirip baliho yang dipasang pada tepi ruas jalan yang luas. Sehingga mampu mengambil perhatian banyak orang.

Dipasang di kota-kota besar. Dengan tingkat aktifitas penduduk yang tinggi. Seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Itulah perbedaan neon box akrilik dan backlite. Dari perbedaan di atas tentu Anda sudah tahu. Mana yang sesuai dengan kebutuhan iklan, branding ataupun promosi terkait bisnis Anda.